Saturday, March 8, 2014

PC Program Univ PDI&ISP

berikut ini link Programnya
Setelah anda berhasil mengistal hardware, selanjutnya hubungkan 
minimum -> downloader -> PC


Gambar menghubungkan minimum -> downloader -> PC. atas untuk AVR dan MCS51, bawah untuk xmega

Buka program Univ PDI&ISP.Jika mikro dapat dikenali maka ID (signatur)  akan ditampilkan pada memo. Pada contoh di bawah ID yg didapatkan ATxmega16E5. Jika tidak ditemukan coba klik tombol ‘ID micro’ untuk scanning mikro kembali. Hal yang sama dapat anda lakukan untuk mikro AVR dan MCS51. Downloader ini akan secara otomatis berpindah dari mode PDI ke mode SPI tanpa khawatir masalah tegangan kerja yg berbeda. xmega bekerja pada tegangan 1.6-3.6V sedangkan AVR dan MCS51 hingga 5V.



Gambar form sofware Univ ISP&PDI


Anda dapat menulis, membaca, menghapus Flash, EEPROM, User Signatur, Lock&Fuse secara individu lewat tombol-tombol yang berada ‘page control’ masing-masing.
Contoh jika ingin menulis Flash tombol yang harus di klik adalah;
‘Load Flash’ -> load hex file -> ‘Write Flash’
Jika ingin menghapus Flash;
‘Erase Chip’
(yang juga akan menghapus EEPROM tapi tidak menghapus User Signatur)
Jika ingin membaca Flash;
‘Read Flash’
'Clear Bu F..' untuk menghapus buffer file Hex pada buffer PC dan
'ReLoad F..' untuk Load ulang file Hex dengan nama yang sama dengan file Hex terakhir yang di ‘Load Flash’.
Hal yang sama dapat anda lakukan untuk EEPROM dan User Signatur.
Lock&Fuse dapat dibaca dan di tulis pada page control Lock&Fuse1 dan Lock&Fuse2. Anda tinggal mengatur check box tempat Lock&Fuse yang diinginkan. Selain check box juga disertai hexsa Lock&Fuse yang akan ditulis ke mikro jika check box di ubah, sehingga mempermudah setting Lock&Fuse.

Selain dapat melakukan proses download secara manual, dari Load Flash, Write Flash, Load EEPROM dan lain-lain, juga dapat dilakukan secara otomatis. Cara ini akan melakukan proses dari check ID (Signatur), reload Flash dan EEPROM, hapus, tulis, verify hingga menulis Lock&Fuse dan auto insert.
Pertama-tama kita harus melakukan Load file hex Flash dan file hex EEPROM, sehingga jika terjadi proses reload program akan melakukan loading ulang file hexa dengan nama yang sama. Tombol ‘Auto Prog’ akan melakukan proses download secara otomatis terhadap langkah-langkah di atas sesuai dengan check box pada kelompok Auto yang tercentang.

Group ‘Micro’ pada page control setting digunakan untuk setting mikrokontroler baru jika belum didukung program ini, baik MCS51, AVR atau Xmega.

Auto insert digunakan untuk memberikan nomor serial pada Flash atau EEPROM. Auto insert akan melakukan incremen atau decremen otomatis yg berguna dalam pemrograman mass product. Fungsi ini akan dibahas pada bab tersendiri.

Tombol ‘Min’ digunakan untuk minimize program. Form minimize akan menyisakan memo, tombol Clear Report dan Auto Prog. Form program yang minimize akan membuat program tidak memenuhi tampilan monitor PC, dan jika Auto telah anda setting maka proses download mulai Load Flash, Program Flash dan lain-lain dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol AutoProg.



No comments: